Sejak 2010, pertumbuhan transaksi online di
Indonesia mengalami pertumbuhan yang positif. Dampaknya banyaknya pembelian
produk dan jasa e-commerce dalam beberapa tahun terakhir seiring popularitas online
shopping yang meningkat.
Terkait hal tersebut, Anil Antoni seorang Executive
Director Consumer Insights Nielsen dari Indonesia menyatakan bahwa perangkat
yang sering dimanfaatkan konsumen untuk transaksi online adalah telepon
seluler.
Sebuah studi e-commerce yang dilakukan oleh Nielsen
menguatkan hal tersebut bahwa orang Indonesia menggunakan ponsel mereka untuk
berbelanja online sebanyak 61 persen. Selain itu 58 persen konsumen menggunakan
komputer untuk bertrannsaksi secara online.
Selain ponsel, tablet juga mengalami peningkatan
dalam pemanfaatan mengakses situs-situs online shop yakni sebanyak 38 persen.
Dari data tersebut dinyatakan bahwa penggunaan telepon seluler oleh populasi
masyarakat kota di Indonesia hampir sebanyak 88 persen menjadi faktor yang
paling berpengaruh terhadap perilaku belanja masyarakat di Indonesia.
Konsumen Indonesia saat ini sangat menikmati online
shopping, terutama mereka juga mencari informasi tentang produk dan jasa secara
online. Mereka mengasumsikan internet adalah sarana atau sumber terpercaya
untuk mengecek produk dan jasa sebelum melakukan transaksi offlineI sekalipun.
Pengaruh ini akan semakin besar jika masyarakat
Indonensia mengalami kemakmuran, juga ketersediaann koneksitas internet
berkecepatan tinggi serta penawaran-penawan online yang tak ada habisnya.
Peluang besar tentu saja akan mengalir deras kepada para peritelonlinen,
pemilik jasa operator dan jasa pengiriman barang yang ingin memperluas basis
konsumennya di Indonesia dan luar negeri.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar